Arsip saya

Powered By Blogger

Jumat, 20 Januari 2012

BAB 17 ORGANISASI DAN ADMINISTRASI BIMBINGAN

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) defenisi dari organisasi dan administrasi :

Organisasi adalah kesatuan susunan yang terdiri atas bagian-bagian orang dan sebagainya di dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu atau kelompok kerja sama antara orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.

Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi, kebijaksanaan untuk mencapai tujuan, kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah, kegiatan kantor dan tata usaha.

Jadi yang dimaksud dengan administrasi bimbingan yaitu yang mencakup administrasi terhadap orang (tenaga-tenaga bimbingan) dan administrasi terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh orang itu, mengadministrasikan bimbingan juga mempunyai segi ketatausahaan terhadap tenaga bimbingan dan kegiatannya.

Pola – pola Organisasi

Pola organisasi ialah kerangka hubungan struktural antara bagian-bagian di dalam suatu badan sosial yang merupakan unit kerja, setiap bagian itu dapat menunjuk pada suatu bidang atau pada kedudukannya/posisi tertentu yang terdapat di dalam badan sosial. Kerangka struktur hubungan itu digambarkan dalam suatu organogram yaitu bagan organisasi yang menjelaskan secara grafis hubungan saling ketergantungan antara berbagai bidang atau antara berbagai petugas di bidang tertentu dengan menggunakan nama jabatan. Organogram di lembaga pendidikan menggambarkan hubungan struktural antara bidang administrasi dan supervisi, bidang pengajaran dan bidang pembinaan siswa, masing – masing dilengkapi dengan subbagian-subbagian kalau ada, menggambarkan hubungan struktural antara petugas-petugas yang mempunyai kedudukan/posisi tertentu di masing-masing bidang atau subbidang tadi, dengan mencantumkan nama jabatan.

Koordinator Bimbingan

Koordinator memegang adiministrasi bimbingan tugasnya yaitu mengatur kerja sama di antara tenaga bimbingan dan mengarahkan semua kegiatan bimbingan yang mereka lakukan. Koordinator bersama dengan seluruh anggota staf bimbingan yang lain membentuk suatu tim kerja yang bersama-sama mengusahakan pelayanan bimbingan yang seoptimal mungkin. Sebab itu kordinator harus dapat membina variasi saluran komunikasi seperti :

1. Komunikasi adalah proses timbal balik (feedback) terhadap apa yang disampaikan oleh orang yang satu kepada yang lain

2. Komunukasi secara lisan lebih efektif dan memuaskan daripada komunikasi secara tertulis saja

3. Komnikasi secara tertulis sebaiknya singkat dan padat serta menyatakan hal-hal pokok

4. Komunikasi antara orang professional dan biasanya tenggelam dalam macam-macam kesibukan.

Pembagian tugas di antara anggota-anggota staf bimbingan sesuai dengan jabatannya masing-masing dalam organogram jabatan, menjadi wewenang tanggung jawab kordinator.

Administrasi Program Bimbingan

Dalam mengadministrasikan suatu program bimbingan tidak cukup merencanakan dan melaksanakan sejumlah kegiatan saja, harus ditentukan terlebih dahulu apa yang akan dilakukan, apa yang akan dicapai, apa sasaran konkret yang ingin dicapai, dan tujuan-tujuan yang ingin dicapai setelah itu dapat direncanakan kegiatan yang akan membawa kepencapaian semua tujuan itu.

Deskripsi program bimbingan dalam bentuk perumusan verbal, yang pada umumn ya mengikuti sistematika sebagai berikut :

I. Pertimbangan-pertimbangan yang mendasari pelayanan bimbingan di sekolah

II. Tujuan-tujuan umum program bimbingan di sekolah untuk semua tingkatan kelas dan untuk masing-masing tingkatan kelas.

A. Komponen Pengumpulan Data

1. Tujuan-tujuan khusus

2. kegiatan-kegiatan yang direncanakan :

a. di tingkat kelas mana

b. pada waktu kapan

c. secara individual atau kelompok

d. dalam bentuk apa (yang pokok saja)

e. dikelola oleh tenaga siapa

B. Komponen Pemberian Informasi

1. Tujuan-tujuan khusus

2. kegiatan-kegiatan yang direncanakan

a. ditingkat kelas mana

b. pada waktu kapan

c. secara individual atau kelompok

d. dalam bentuk apa (yang pokok saja)

e. dikelola oleh tenaga siapa

C. ………….. dan seterusnya untuk komponen lainnya…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar