Arsip saya

Powered By Blogger

Senin, 24 Oktober 2011

RESUME BAB VI

LAYANAN BIMBINGAN “PENGUMPULAN DATA”

Dalam layanan Pengumpulan data di jenjang pendidikan menengah pada umumnya dibutuhkan data tentang masing-masing peserta dalam aspek-aspek sebagai berikut :

1. Latar belakang keluarga

2. Riwayat sekolah

3. Taraf prestasi

4. Taraf kemampuan intelektual atau kemampuan akademik

5. Bakat khusus

6. Minat terhadap bidang studi dan bidang pekerjaan tertentu

7. Pengalaman di luar sekolah

8. Ciri-ciri kepribadian

9. Kehatan jasmani

Alat – alat tes

1. Aspek – aspek testing yang relevan

Alat – alat tes akan digunakan dengan tujuan tertentu. Keempat tujuan yang pokok adalah sebagai berikut :

a. Untuk meramalkan atau memperkirakan

b. Untuk mengadakan seleksi

c. Untuk mengadakan klasifikasi

d. Untuk mengadakan evaluasi

2. Pembagian Alat-alat Tes Menurut Isi

Pembagian alat-alat tes menurut aspek isi adalah sebagai berikut :

a. Tes Hasil belajar (achievement test)

b. Tes kemampuan intelektual

c. Tes kemampuan khusus atau tes bakat khusus

d. Tes minat

e. Tes perkembangan vokasional

f. Tes kepribadian

3. Program testing dan Penggunaan hasil testing

Alat-alat Nontes

1. Angket tertulis

Berisi sejumlah item atau pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara tertulis juga.

2. Wawancara Informasi

Alat pengumpul data untuk memperoleh data dan informasi dari siswa secara lisan

3. Otobiografi

Karangan yang ditulis oleh siswa mengenai riwayat hidupnya sampai pada saat sekarang

4. Anekdota

Laporan singkat tentang perilaku seseorang siswa dan memuat deskripsi objektif tentang tingkah laku siswa pada saat tertentu

5. Skala Penilaian

Sebuah daftar yang menyajikan sejumlah sifat atau sikap sebagai butir atau item

6. Sosiometri

Suatu metode untuk memperoleh data tentang jaringan hubungan social dalam suatu kelompok, yang berukuran kecil sampai sedang (10-50 orang) berdasarkan preferensi antara anggota kelompok satu sama lain.

7. Kunjungan Rumah

Kunjungan rumah bertujuan untuk lebih mengenal lingkungan hidup siswa sehari-hari, bila informasi yang dibutuhkan tidak dapat diperoleh melalui angket atau wawancara informasi.

8. Kartu pribadi

Aplikasi dari penyusunan suatu arsip yang memuat data penting tentang seseorang.

9. Studi kasus

Metode untuk mempelajari keadaan dan perkembangan seorang siswa secara lengkap dan mendalam dengan tujuan memahami individualitas siswa dengan lebih baik dan membantunya dalam perkembangan selanjutnya.

Daftar Pustaka

Winkel, W.S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar