Arsip saya

Powered By Blogger

Senin, 24 Oktober 2011

RESUME BAB IV

TENAGA BIMBINGAN DI SEKOLAH

Personil bimbingan yang terlibat dalam pelayanan bimbingan, antara lain konselor sekolah, guru konselor, guru wali kelas, dosen-wali, kepala sekolah, psikolog sekolah, psikolog dan psikiater dan sekarang sudah terlibat di dalamnya antara lain penyuluh pendidikan, petugas administrasi, orangtua siswa, pejabat dan tokoh masyarakat, .

Tanggung jawab jajaran tenaga bimbingan sangat bergantung pada taraf keterlibatan dan sifat tugas mereka dalam rangka pelayanan bimbingan, dibedakan antara tiga kelompok personil bimbingan , yaitu

1. Tenaga bimbingan utama yaitu konselor sekolah, tenaga paraprofessional dan guru.

2. Tenaga administrasi bimbingan atau yang memegang suatu fungsi pimpinan

3. Tenaga yang menunjang

Klasifikasi Personil Bimbingan

Taraf keahlian dalam menangani pelayanan bimbingan di lembaga pendidikan sekolah pada umumnya sekaligus menyatakan taraf keterlibatan dalam pelayanan bimbingan.

(a) Konselor sekolah, yaitu tenaga professional yang mencurahkan seluruh waktunya pada pelayanan bimbingan (full-time guidance counselor)

(b) Guru-pembimbing atau guru-konselor, yaitu seorang guru yang di samping mengajar di salah satu bidang studi, terlibat juga dalam rangkaian pelayanan bimbingan, termasuk layanan konseling.

(c) Guru yaitu tenaga pengajar yang melibatkan diri dalam pelayanan bimbingan. Perlu dibedakan antara guru kelas dan guru bidang studi.

(d) Sumber tenaga penunjang, yaitu tenaga spesialis seperti psikolog klinis, psikiater, ahli psikometrik dan dokter; tenaga pembantu administrative/tata usaha; tenaga narasumber seperti tokoh masyarakat dan orangtua tertentu untuk bimbingan karier; tenaga paraprofessional seperti tokoh mahasiswa di perguruan tinggi untuk peer counseling.

Pendidikan Konselor Sekolah

1. Pendidikan Akademik

Program pendidikan konselor meliputi bidang studi sebagai berikut :

- Dasar teoritis konseling

- Praktikum dalam wawancara konseling

- Dasar perkembangan manusia

- Prosedur kerja kelompok

- Penghimpunan dan pengolahan data

- Perkembangan dan informasi karir

- Penelitian dan landasan sosial-kultural

2. Perkembangan Kepribadian

Kepribadian seorang konselor berkaitan erat dengan efektifitas dalam pemberian bimbingan karena sebagian waktu konselor sekolah dicurahkan dalam layanan bimbingan. Sehingga seorang konselor sekolah perlu mengenal diri sendiri, memahami orang lain, mampu berkomunikasi dengan orang lain,.

Tantangan – Tantangan yang Dihadapi oleh Konselor Sekolah

1. Di Amerika Serikat, tantangan yang biasanya ditemukan adalah mengenai tugas dan peranan tenaga bimbingan serta berbagai konflik yang timbul mengenai peranannya dalam sekolah.

2. Keadaan di Indonesia

Tantangan dan kesulitan yang sering dihadapi oleh konselor sekolah berasal dari diri konselor sendiri, pimipinan sekolah, staff guru, para siswa, orangtua, suasana disekolah dan keadaan dunia pendidikan, berwawasan luas, berpikir kreatif dan bertindak tepat

Daftar pustaka

Winkel, W.S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar