Arsip saya

Powered By Blogger

Rabu, 08 Desember 2010

TO 2

1. Teori Belajar Pask
Pada saat simulasi ujian pertama, dapat dilihat proses belajar conversation theory dimana terjadi interaksi melalui online antara dosen dengan mahasiswa. Yaitu pada saat dosen memberikan suatu pertanyaan maka saya mulai menjawab, membagikan dan mengekspresikan pendapat saya tentang pertanyaan dengan berbagai teori yang sudah di pelajari sebelumnya. Saat menyelesaikan pertanyaan

2. Teori Belajar Piaget
Dalam teori Piaget dikatakan bahwa dalam proses belajar kita melakukan asimilasi, akomodasi dan equilibrasi. Dalam pada saat TO 1 saya saya mengalami asimilasi dan equlibrasi dimulai dan pertanyaan sudah diberikan, yang pertama yang saya lakukan ialah mencocokkan atau menyesuaikan teori mana yang bisa saya gunakan untuk menjawab pertanyaan, dan ini dinamakan dengan asimilasi lalu saya mulai menjawab dan memposting jawaban yang sudah saya kerjakan, dan ternyata saya setelah saya baca kembali ternyata ada yang kurang dan saya mulai memikirkan kembali apa yang yang akan saya tambahkan dan saya menyeimbangkan teori yang sudah saya gunakan sebelumnya dengan teori yang akan ditambahkan.

3. Teori Belajar Gagne
Dalam teori belajar Gagne ada 9 proses belajar, tapi yang dalam TO1 proses belajar yang saya alami ada beberapa, yaitu Sebelum simulasi online dimulai awalnya dosen memberikan pengarahan agar mahasiswa memperhatikan, seperti dengan mengatakan “apakah semua sudah hadir?” atau apakah semua sudah siap?” dan setelah semua sudah siap maka pertanyaan pertama diposting dan karena stimulus(pertanyaan) sudah diberikan kami mulai merecall kembali teori-teori yang sudah dipelajari sebelumnya yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, pada saat menjawab pertanyaan disini saya mencoba untuk mengeluarkan perfomansi saya untuk menjawab pertanyaan sebaik mungkin, dan diikuti dengan pertanyaan seterusnya hingga semua pertanyaan selesai dijawab. Dan setelah semua selesai lalu dosen mulai memberikan feedback atau mengkomentari pertanyaan yang sudah saya jawab, dan dengan diberikannya komentar tersebut dapat memberikan masukan yang positif terhadap saya, agar mengerjakan lebih baik lagi, baik dari jawaban maupun dari tata penulisan yang benar. Dan pada proses ini dosen juga menilai jawaban yang saya diposting dan setelah itu memberikan satu soal terakhir untuk membantu mengingat kembali teori-teori yang sudah kami pelajari.

4. Teori Belajar Bruner
Dalam teori belajar Bruner merupakan proses belajar kognitif. Dimana setelah pertanyaan pertama diberikan maka dari informasi baru yang dulu sudah didapatkan sebeumnya dari presentasi teman-teman dapat ditranformasi untuk menjawab pertanyaan tersebut dan juga kita dapat mengendalikan dari ketepatan menjawab pertanyaan tersebut dan darisitu dapat diketahui seberapa paham terhadap teori tersebut. Dan ini juga dapat menunjukkan bagimana kemampuan kita belajar.

5. Teori Belajar Ausubel
Pada saat TO 1 juga dapat dimasukkan dalam proses belajar meaningful learning. Yaitu ketika dosen awalnya sudah memberikan informasi-informasi baru pada saat kuliah, yaitu belajar teori belajar dari tokoh-tokoh pendidikan dan ini dipelajari satu persatu agar tidak terlalu sulit untuk memahaminya. Teori-teori belajar yang sudah disampaikan akan dihapal agar tetap diingat, dan dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari dan pada saat ujian TO 1 dilaksanak pengetahuan yang sudah dihapal sebelumnya dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang yang diberikan.

6. Teori Belajar Bandura
Ada 4 proses belajar dalam teori Bandura yang dapat diaplikasikan pada saat TO 1, yaitu yang pertama proses atensi dimana setelah pertanyaan pertama diberikan maka saya memberikan perhatian saya bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut setelah itu saya mulai mengingat-ingat kembali skema dalam pikiran saya tentang teori-teori belajar yang sesuai dengan pertanyaan tersebut.

Referensi :
Hergenhahn, B.R & Olson, M.H. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar). edisi ke-7. Jakarta : Kencana Prenada Mulia
Bigge, Morris. 1982. Learning Theories for Teachers. New York : Harper & Row
Driscoll, Marcy P. 1994. Psychology of Learning for Instruction. Boston : Allyn and Bacon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar