Arsip saya

Powered By Blogger

Jumat, 26 Februari 2010

tugas paedagogi individu 2

Menurut Nisbet pembaharua pendidikan bisa melalui empat tahapan ujian. Coba kamu pahami ke empat prinsip tersebut dengan menggunakan katamu sendiri kemudian beri contoh konkrit yang menggambarkan proses pendidikan yang terjadi pada dirimu sendiri.

Jawaban :
Sistem pendidikan itu selalu berubah-ubah untuk mendapatkan hasil yang baik, sehingga perlu adanya pembaruan di dalam pendidikan tersebut baik dari struktur kurikulumnya, sistem pendidikannya dan metode pengajarannya. Supaya sistem pembaruan tersebut dapat diterima di dalam pendidikan. Ada empat tahapan ujian dalam prinsip menurut Nisbet yaitu :

1. The incres in workload (pertambahan beban kerja) artinya, untuk melakukan sebuah pembaharuan harus sudah dipikirkan dulu jauh sebelumya, agar jika waktunya tiba tidak terburu-buru.
Contohnya : Ketika diberikan tugas kelompok, seharusnya saya mengerjakannya jauh – jauh hari jadi pada saat akan dikumpulkan saya tidak terburu-buru untuk mencari-cari jawabannya lagi.

2. Loss of Confidence (kehilangan kepercayaan) yaitu, mempersiapkan diri dengan menambah skill yang dimiliki dalam rangka menerima dan mengembangkan ide-ide baru sehingga tidak canggung untuk membagikannya pada yang lain.
Contohnya : ketika saya ingin presentase, saya harus mempersiapkannya dulu baik dari materi yang akan dibagikan maupun mempersiapkan diri sendiri, sehingga pad asaat presentase tidak canggung lagi untuk membagikannya pada yang lain dan ketika teman bertanya saya dapat menjawab dengan baik.

3. The period of confusion (masa kacau) artinya, sebelum mengerti arah dan tujuan dari pembaharuan, maka akan muncul kekacauan tetapi ini masih bisa diatasi.
Contohnya : ketika sedang mendegarkan materi perkuliahan saya tidak memahami apa maksud dan inti dari yang disampaikan dosen maka akan timbul rasa ketidakpuasan atau kekacauan. Tapi ini mungkin masih bisa diatasi dengan bertanya pada dosen atau membaca buku tentang materi tersebut.

4. The blacklash artinya, apabila ada permasalahan yang muncul maka hendaknya dipecahkan menurut upaya-upaya pembaharuan.
Contohnya : apabila dalam cara belajar saya kurang efektif sehingga nilai saya buruk maka saya harus memperbaikinya dengan belajar lebih efektif lagi.

27 Februari 2010 , alfine pebrina pinem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar