Arsip saya

Powered By Blogger

Sabtu, 27 Februari 2010

Tugas Kelompok "Empat Tahapan Ujian Menurut Nisbet"

4 tahapan ujian pembaruan pendidikan menurut Nisbet:

1. The Increase in Workload ( pertambahan beban kerja) ,
Yaitu suatu konsep baru yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk mengantisipasi kekurangan dari konsep yang sudah ada, sehingga ketika terjadi masalah, kita tidak terlalu repot untuk mencari penyelesaiannya.
Contoh :
Dulu kami punya konsep bahwa ketika hendak mengikuti perkuliahan psikologi sosial, kami tidak perlu memahami topic secara mendalam, cukup hanya membacanya saja. Setelah itu, kami membuat suatu konsep baru behwa untuk mengikuti kuliah psikologi sosial, kami harus benar- benar mambaca dan memahami topic yang diajarkan, agar ketika ditanya dosen kami bisa menjawab dan tidak dikeluarkan dari kelas.

2. Loss of Confidence (kehilangan kepercayaan) ,
Yaitu pendidik harus mempersiapkan diri dengan baik sehingga ketika peserta didiknya memberikan ide-ide, pendidik tersebut mampu untuk merespon dan peserta didik yakin bahwa pendidik tersebut memang mahir dalam bidangnya.
Contoh :
Pada salah satu mata kuliah di psikologi, ada seorang dosen yang tampaknya tidak siap ketika mengajar (dosen baru). Dan ketika mahasiswa bertanya, dosen itu tidak tahu menjawabnya dan beralasan pertanyaan itu melenceng dari topic yang sedang dibahas, atau pertanyaan itu tidak masuk dalam ujian. Jadi mahasiswa beranggapan bahwa dosen itu tidak mahir sebagai pendidik.

3. The Period of Confusion (masa kacau) ,
Yaitu ketika konsep baru belum memiliki arah dan tujuan yang jelas, maka masalah atau gangguan mungkin saja terjadi, namun pendidik masih bisa mengatasinya.
Contoh :
Ketika kita dibagi dalam suatu kelompok, dimana kelompok ini belum mempunyai tujuan yang jelas, sehingga memungkinkan terjadinya social loafing, maka pendidik berperan untuk mengarahkan agar tujuan dari kelompok itu jelas.

4. The blacklash ,
Yaitu jika terjadi masalah, maka dipecahkan menurut upaya-upaya pembaruan.
Contoh :
Kami sulit menghafal begitu banyak bahan mata kuliah di psikologi, kami gunakan mind map.



Anggota kelompok :

* Alfine Pebrina ( 08- 001)

* Risa Fadila ( 08- 003 )

* Dewi R.M.H ( 08- 055)

* Susi Tambunan ( 08-061)

* Laura Feronika (08- 092)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar