Arsip saya

Powered By Blogger

Rabu, 03 November 2010

TEORI BELAJAR LANDA DAN PASK

Teori belajar sibernetik merupakan teori belajar yang berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu informasi. Menurut teori sibernetik, belajar adalah pengolahan informasi. Teori ini mempunyai kesamaan dengan teori kognitif yaitu mementingkan proses belajar daripada hasil belajar, namun dalam teori sibernetik, yang lebih penting adalah sistem informasi yang diproses yang akan dipelajari siswa. Informasi inilah yang akan menentukan proses. Bagaimana proses belajar akan berlangsung, sangat ditentukan oleh sistem informasi yang dipelajari.

Asumsi lain dari teori sibernetik adalah bahwa tidak ada satu proses belajarpun yang ideal untuk segala situasi, dan yang cocok untuk semua siswa sebab cara belajar sangat ditentukan oleh sistem informasi. Sebuah informasi akan dipelajari seorang siswa dengan satu macam proses belajar, dan informasi yang sama mungkin akan dipelajari siswa lain melalui proses belajar yang berbeda.

Salah satu penganut aliran sibernetik adalah Landa. Ia membedakan ada dua macam proses berpikir, yaitu :

1. Proses berpikir Algoritmik yaitu proses berpikir yang sistematis, tahap demi tahap, linier, konvergen, lurus menuju satu target tujuan tertentu.

Contoh : kegiatan menelpon, menjalankan mesin mobil, dll

2. Proses berpikir Heuristic yaitu cara berpikir divergen, menuju ke beberapa target tujuan sekaligus. Memahami suatu konsep yang mengandung arti ganda dan penafsiran biasanya menuntut seseorang untuk menggunakan cara berpikir heuristic

Contoh : operasi pemilihan atribut geometri, penemuan cara-cara pemecahan masalah, dll.

Proses belajar akan berjalan dengan baik jika materi pelajaran yang hendak dipelajari atau masalah yang hendak dipecahkan (dalam istilah teori sibernetik adalah sistem informasi yang hendak dipelajari) diketahui ciri-cirinya. Materi pelajaran tertentu akan lebih tepat disajikan dalam urutan yang teratur, linier, sekuensial, sedangkan materi pelajaran lainnya akan lebih tepat bila disajikan dalam bentuk “terbuka” dan memberi kebebasan kepada siswa untuk berimajinasi dan berpikir. Misalnya, agar siswa mampu memahami suatu rumus matematika, akan lebih efektif jika presentasi informasi tentang rumus tersebut disajikan secara algoritmik. Alasannya, karena suatu rumus matematika biasanya mengikuti urutan tahap demi tahap yang sudah teratur dan mengarah ke satu target tertentu. Namun untuk memahami makna suatu konsep yang lebih luas dan banyak mengandung interpretasi, misalnya konsep keadilan atau demokrasi, akan lebih baik jika proses berpikir siswa dibimbing ke arah “menyebar” atau berpikir heuristic, dengan harapan pemahaman mereka terhadap konsep itu tidak tunggal, monoton, dogmatik atau linier.

Teori belajar menurut Pask dan Scott


Menurut Pask dan Scott, ada dua macam cara berpikir yaitu :

1. Cara berpikir serialis yaitu memiliki kesamaan dengan pendekatan algoritmik

2. Cara berpikir wholist (menyeluruh) yaitu berpikir yang cenderung melompat ke depan, langsung ke gambaran lengkap sebuah sistem informasi. Siswa yang tipe wholist (menyeluruh) cenderung mempelajari sesuatu dari tahap yang paling umum kemudian bergerak ke yang lebih khusus.

Teori sibernetik sebagai teori belajar dikritik karena lebih menekankan pada sistem informasi yang akan dipelajari, sedangkan bagaimana proses belajar berlangsung dalam diri individu sangat ditentukan oleh sistem informasi yang dipelajari teori ini memandang manusia sebagai pengolahan informasi, pemikir, dan pencipta. Sehingga diasumsikan manusia mampu mengolah, menyimpan dan mengorganisasikan informasi. Aplikasi teori belajar sibernetik dalam kegiatan pembelajaran baik diterapkan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Menentukan tujuan –tujuan pembelajaran

2. Menentukan materi pembelajaran

3. Mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi pelajaran

4. Menentukan pendekatan belajar yang sesuai dengan sistem informasi tersebut (apakah heuristic atau algoritmik)

5. Menyusun materi pelajaran dalam urutan yang sesuai dengan sistem informasinya

6. Menyajikan materi dan membimbing siswa belajar dengan pola yang sesuai dengan urutan materi pelajaran.





1 komentar:

  1. Alfine, bagaimana kalau alfine menambahkan conversation dalam teori Pask, hal ini akan memberi informasi tambahan dan memudahkan proses belajar alfine ke depannya. Hasil presentasi kelompok dapat kita masukkan intinya ke dalam resume kita agar resume kita lebih baik lagi.. Thx..

    BalasHapus